BERBAGI
Soal Tata Kelola Pemerintahan, Jokowi: Terlalu Banyak Prosedur, Membelenggu Kita Sendiri
Soal Tata Kelola Pemerintahan, Jokowi: Terlalu Banyak Prosedur, Membelenggu Kita Sendiri

Pukat- Presiden Jokowi kembali menyoroti tata kelola pemerintahan di Indonesia. Ia menilai sistem birokrasi di Indonesia masih berbelit-belit.

Jokowi menginginkan sistem bisa diubah. Ia berharap, sistem yang tidak berbelit-belit sehingga pemerintahan bisa berjalan dengan lebih cepat tanpa ada hambatan apa pun. Apalagi di tengah wabah corona yang melanda Indonesia dan dunia.

“Kita perlu budaya baru dalam bekerja lebih cepat, harus berani melakukan shortcut, terobosan, pemotongan-pemotongan, sehingga cara-cara kerja kita tidak bertele-tele dan lambat,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Peserta Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) Tahun Anggaran 2020 secara virtual, Selasa (28/7).

  Empat Personil Polri Raih Gelar Kehormatan

Jokowi meminta agar tak ada lagi peraturan yang menghambat kerja pemerintahan saat ini. Apalagi jika sampai membuat perizinan di sektor ekonomi terhambat.

Jokowi menilai, persoalan tersebut menjadi salah satu hambatan pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Jokowi meyakini percepatan sistem memberikan keuntungan untuk semua pihak.

“Terlalu banyak peraturan yang membelenggu kita sendiri, yang membuat kita sendiri, membelenggu kita sendiri, terlalu banyak prosedur, terlalu banyak tahapan-tahapan, padahal kita sebenarnya bisa langsung,” ujarnya.

  Simak! Ini Arahan Lengkap Presiden Jokowi

“Terlalu banyak birokrasi, sekali lagi, yang terjebak oleh aturan yang kita buat sendiri ini pekerjaan besar kita ke depan,” tambahnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu kembali mengingatkan kondisi Indonesia kini. Jika Indonesia ingin menjadi pemenang di tengah wabah corona, maka harus menjadi negara yang cepat.

“Karena berkali-kali saya sampaikan, bukan negara besar mengalahkan negara kecil, tapi yang sekarang dan yang akan datang, negara cepat yang akan mengalahkan negara yang lambat, artinya yang cepat yang akan menang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here