BERBAGI
Roy Suryo Desak KPU Manfaatkan Teknologi dalam Pelaksanaan Pilkada 2020
Roy Suryo Desak KPU Manfaatkan Teknologi dalam Pelaksanaan Pilkada 2020

Pukat- Pakar teknologi informasi, Roy Suryo mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat aturan mengenai kampanye Pilkada 2020 tidak dilakukan secara langsung atau lewat via daring (online) yakni dengan memanfaatkan teknologi. Usulan tersebut terkait kondisi saat ini di tengah penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

Mantan politikus Partai Demokrat ini khawatir, tahapan yang dilakukan dengan menghadirkan orang banyak bisa berpotensi terjadi penularan Covid-19.

“Ini kalau boleh saya sarankan, atau saya desak Pak Arief, (tahapan kampanye Pilkada 2020) manfaatkan teknologi informasi,” kata Roy.

  Kementerian PUPR Kembangkan Toilet Wisata Ramah Lingkungan Gunakan Teknologin Biotour

Dia menyampaikan hal itu dalam diskusi bertajuk ‘Pemilu di masa pandemi’ yang digelar Gugus Tugas Covid-19, di Graha BNPB, Jakarta, Senin (6/7/2020). Roy menyebut meskipun tahapan kampanye dibatasi, bahkan dilarang sekalipun, tetap saja akan berpeluang besar menimbulkan keramaian dari para pendukung calon kepala daerah.

Kondisi tersebut, menurut dia, terlihat saat masih berkarir di dunia politik. “Ini pengalaman saya 15 tahun di politik, meski saya sekarang sudah bebas, sudah non-partisan, itu selalu ada timses datang ke tempat itu. Menurut saya tahapan kampanye harus dilakukan secara itu (virtual),” ujarnya.

  Akhir Tahun 2020 Menteri Kominfo janji Layanan 4G Tersebar di Seluruh Indonesia

Berbeda halnya jika dengan pemungutan suara. Roy memandang tahapan ini belum bisa dilaksanakan dengan menggunakan tekhnologi karena, kebanyakan masyarakat belum percaya dengan sistem demokrasi berbasis IT.

“Saya percaya kalau pas coblosan dengan protokol yang ketat itu bisa. Tapi soal campaign, saya mohon maaf kalau menginginkan, kalau saya sarankan semua sama saja Pak Arief, supaya tidak ada,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here