BERBAGI

PUKAT – Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengungkap jumlah daerah yang belum memperbarui data kemiskinan sejak 2015. Ada sebanyak 92 daerah yang belum sama sekali memperbarui data kemiskinan.

“Sebagai informasi pimpinan dan anggota yang terhormat, saat ini, menambahkan penjelasan bapak ketua tadi, sekitar 319 kabupaten-kota meng-update data kemiskinannya namun tidak sampai 50%. Jadi misalnya ada kabupaten-kota yang datanya 1.000 yang dia update mungkin 400,” ungkap Juliari saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, di kompleks Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

  Kuasa Hukum Bahar Bin Smith Desak DPR Panggil Yasonna Laoly dan Dirjen PAS

“Yang tidak pernah update sama sekali dari tahun 2015 ada 92 kabupaten-kota,” imbuh Juliari.

Hanya 103 kabupaten-kota yang memperbarui data kemiskinan lebih dari 50%. Sementara 300 lebih kabupaten-kota tak sampai 50% memperbarui data kemiskinan.

“Kemudian yang tadi disebutkan Pak Ketua Komisi, yang meng-update lebih 50% dari datanya adalah 103 kabupaten-kota. Jadi kalau diklasifikasikan paling parah begitu ya ada 92 kabupaten-kota, yang setengah parah ada 319, yang lumayan 103,” ujar Juliari.

  Gedung Utama Kejaksaan Agung Akan Diproses Sebagai Cagar Budaya

Juliari mengatakan Kementerian Bappenas ke Kemensos telah menganggarkan untuk memperbarui data kemiskinan. Dia menargetkan verifikasi dan validasi lebih masif pada tahun depan.

“Jadi ini kondisi yang kami hadapi sekarang sebagai informasi dan sebagai informasi juga kemarin Bappenas sudah menganggarkan sejumlah anggaran kepada Kemensos untuk melakukan verifikasi validasi lebih masif di tahun 2021,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here