BERBAGI
Manfaat Mengkonsumsi Tape Bagi Kesehatan
Manfaat Mengkonsumsi Tape Bagi Kesehatan

Pukat- Singkong merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya singkong diolah menjadi berbagai macam menu makanan, salah satunya tape singkong. Selain memiliki cita rasa manis dan empuk, tape singkong ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Tape singkong merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang terbuat dari fermentasi singkong. Makanan ini sangat terkenal di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam tape singkong dipercaya efektif mencegah berbagai macam penyakit.

Dilansir dari laman Persagi, tape singkong memiliki kandungan karbohidrat, nutrisi, dan kalsium yang tinggi. Sehingga hal ini dapat berfungsi efektif dalam menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, masih banyak kandungan lainnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat tape singkong untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Mengontrol Tekanan Darah tinggi

Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya rutin mengonsumsi tape singkong. Kandungan kalium pada singkong berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kalium memiliki risiko terkena penyakit hipertensi jauh lebih rendah.

  Ada 37 Bakal Calon Kepala Daerah dari 21 Provensi Positif Corona Telah Mendaftar Ke KPU

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya saat mengonsumsi tape tidak menggunakan garam terlalu tinggi. Pasalnya penggunaan garam berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi.

 

  1. Mengatasi Nyeri Sendi

Rematik atau peradangan sendi disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Gejala paling umum yang dirasakan saat mengalami rematik yaitu adanya rasa nyeri sendi, kaku hingga bengkak. Rematik apabila tidak segara diatasi maka dapat menimbulkan gangguan pada kulit, paru-paru hingga jantung.

Salah satu cara alternatif untuk mengatasi rematik ialah mengonsumsi tape singkong. Pasalnya, tape singkong memiliki efek anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan. Sehingga mengonsumsi daun singkong secara rutin dan teratur dapat berfungsi meredakan rematik atau peradangan sendi.

 

  1. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Penyakit ini dapat membuat tubuh seseorang menjadi mudah lelah, pusing hingga nyeri dada. Salah satu cara alternatif untuk mengatasi anemia ialah mengonsumsi tape singkong.

Bagi Anda yang memiliki penyakit anemia, sebaiknya mengonsumsi daun singkong. Pasalnya kandungan zat besi pada singkong berfungsi efektif membantu mengatasi penyakit anemia.

  Survei SMRC: Baru 26 Persen Orang yang Tahu RUU Cipta Kerja

 

  1. Melancarkan Pencernaan

Singkong merupakan sumber serat yang dapat membantu merangsang gerakan usus yang berperan penting dalam melancarkan pencernaan. Manfaat satu ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi tape singkong secara teratur.

Mengonsumsi tape singkong secara teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan karena gangguan pencernaan. Tak hanya itu, kandungan serat dan air di dalamnya juga berfungsi untuk mengatasi sembelit.

 

  1. Membantu Turunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya rutin mengonsumsi kecambah. Pasalnya tape singkong merupakan sumber nutrisi yang rendah kalori. Sehingga kecambah dapat membantu proses diet yang sedang Anda jalani.

Seseorang yang mengonsumsi tape singkong cenderung akan merasakan kenyang lebih lama. Hal ini karena tape singkong mampu menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang memberikan tanda pada pikiran kita untuk makan sesuatu. Sehingga tape singkong juga baik dikonsumsi bagi penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

 

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan vitalitas seks pria ialah mengonsumsi kecambah. Tape singkong mengandung sumber energi yang berfungsi efektif meningkatkan gairah seksual. Meskipun begitu, tentunya manfaat ini belum terbukti secara ilmiah.

  Meski Kasus Terus Meningkat, DKI Jakarta Terus Tingkatkan Kapasitas Laboratorium Memenuhi Standar WHO

 

  1. Memelihara Fungsi Otak

Singkong juga dapat berpotensi untuk menjaga kinerja otak, hal ini karena kandungan zat kolin yang terdapat pada singkong berfungsi efektif membantu proses kimiawi dalam sel saraf. Sehingga kandungan ini berperan penting mempertahankan membran sel dan meningkatkan memori dan menangkal radikal bebas.

Meskipun telah banyak ditemukan manfaat tape singkong untuk kesehatan, namun manfaat ini masih menjadi pro kontra. Hal ini disebabkan karena di dalam tape singkong terdapat sejumlah kandungan alkohol yang dianggap dapat membahayakan bagi penderita penyakit tertentu. Terlepas dari pro kontra tersebut, tape singkong tetap aman dikonsumsi dengan takaran yang tidak berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here