BERBAGI
Males Jogging? Jangan Khawatir, Ternyata Berjalan Kaki 15 Menit Saja Banyak Manfaatnya, Loh
Males Jogging? Jangan Khawatir, Ternyata Berjalan Kaki 15 Menit Saja Banyak Manfaatnya, Loh

Pukat- meluangkan waktu untuk berjalan kaki sekitar 15 menit atau 30 menit di sela kesibukan atau rentetan kegiatan banyak mendatangkan manfaat. Tidak hanya kesehatan fisik, tetapi manfaat olahraga jalan kaki juga berhubungan dengan kesehatan mental.

Psikolog dari Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani mengungkapkan berjalan cepat dengan durasi tertentu bisa menurunkan risiko depresi. Dengan mengutip hasil penelitian Harvard T.H. Chan School of Public Health ia mengungkapkan manfaat bergerak aktif untuk kesehatan mental.

Apalagi, kata dia di tengah ketidakpastian pandemi virus corona yang berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan jiwa mulai dari stres, gangguan kecemasan hingga depresi.

  Pasien Covid-19 di Wisma Atelet Masih Tinggi, Tercatat Ada 1.345 Per Hari Ini

“Membangun gaya hidup yang aktif, misalnya berolahraga rutin dan aktif bergerak dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko depresi, melepaskan rasa tegang dan stress, serta meningkatkan energi fisik dan mental melalui produksi endorfin,” jelas Nadya dalam diskusi daring bersama Hilo Active beberapa waktu lalu.

Selain memperbaiki kondisi hati dan mood, manfaat olahraga jalan kaki juga berupa tameng bagi penyakit tertentu dan bahkan bisa memperpanjang usia. Berikut manfaat olahraga jalan kaki bagi kesehatan.

 

  1. Membakar kalori

Berjalan kaki mampu membakar kalori Anda, sehingga bisa membantu mempertahankan ataupun menurunkan berat badan.

Namun begitu pembakaran kalori ini juga bergantung beberapa faktor lain seperti kecepatan berjalan, jarak tempuh, medan dan lama waktu jalan kaki.

  Pesantren Dianggap Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19, DPR RI Minta Pemerintah Turun Tangan

 

  1. Memperkuat fungsi hati

Berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari dan lima kali sepekan dapat mengurangi 19 persen risiko penyakit jantung koroner. Semakin Anda meningkatkan durasi atau jarak jalan kaki maka kian tinggi pula risikonya berkurang.

 

  1. Mengurangi risiko penyakit

Berjalan kaki berarti Anda membawa beban berat badan Anda sendiri setiap kali melangkah. Ini dikenal pula sebagai latihan menahan beban.

Adapun beberapa manfaatnya dikutip dari laman Better Health meliputi peningkatan kebugaran kardiovaskular atau jantung dan paru-paru, penurunan risiko penyakit jantung dan stroke, perbaikan manajemen kondisi seperti hipertensi, kolesterol tinggi, nyeri sendiri juga kekakuan sendi dan otot, juga diabetes.

  Cara Minum Kopi Supaya Lebih Sehat Waktu Sahur

Berjalan kaki juga memperkuat tulang dan meningkatkan keseimbangan kekuatan juga daya tahan tubuh, selain tentu mengurangi lemak jahat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here