BERBAGI

Pukat – Indonesia dan Jepang merupakan negara dengan budaya yang berbeda. Meski begitu, keduanya punya beberapa kesamaan dalam hal kuliner. Itu mungkin terjadi karena akulturasi budaya saat Jepang menjajah Indonesia.

Kamu mungkin tahu kalau lemper mirip sushi. Tapi ada beberapa makanan Indonesia lain yang juga kembar atau mirip dengan menu kuliner Jepang. Penasaran? Yuk lihat daftarnya!

1. Yakitori dan sate

Kedua makanan ini sama-sama disajikan dengan ditusuk dan dibakar. Meski sepintas mirip, keduanya punya berbedaan mencolok. Yakitori dilumuri kecap asin dan bumbu khas, sedangkan sate dilumuri saus kacang.

2. Sushi dan lemper

Tampilan luarnya bak pinang dibelah dua. Bentuk dan teksturnya juga mirip. Lemper terbuat dari ketan dengan isian dan dibalut daun pisang. Sedangkan sushi terbuat dari nasi Jepang dengan isian dan dibalut lembaran rumput laut.

  Kawasan Timur Jakarta Dianggap Dianggap Siap Jadi Pusat Kebangkitan Ekonomi Nasional

3. Dango dan klepon

Dango dan klepon sama-sama berbahan dasar beras. Keduanya juga disajikan dengan tekstrus kenyal berbentuk bulat. Jika dango berisi kacang merah, maka klepon diisi dengan gula merah dan taburan kelapa parut.

4. Dorayaki dan kue apem

Dari luar, kedua kue ini punya bentuk yang sama. Dorayaki dan apem juga dibuat dengan bentuk yang serupa. Bahan-ahannya pun sama, yakni tepung beras, telur, dan santan yang dikukus atau dibakar.

5. Okonomiyaki dan martabak telur

  Kuliner Khas Minang Ini Nikmat Disantap Bersama Keluarga saat Lebaran

Okonomiyaki dan martabak telur memiliki bentuk dan rasa yang mirip. Bahkan, bahan dasarnya pun sama. Terbuat dari campuran kol, daging, dan bahan lainnya. Okonomiyaki disajikan dengan saus, sedangkan martabak telur disajikan dengan acar dan cuka.

6. Gyoza dan pangsit

Kedua makanan ini juga memiliki bentuk yang sama. Gyoza terbuat dari udang cincang yang dibalut kulit dari olahan tepung. Perbedannya terletak pada isiannya saja. Gyoza dan pangsit dimasak dengan cara direbus atau digoreng.

7. Ramen dan mi ayam

Kedua makanan ini sama-sama terbuat dari mi. Ramen disajikan dengan kuah atau kering, lalu dicampur beragam topping. Mi ayam juga bisa disajikan dengan kuah atau kering yang dicampur dengan potongan daging ayam dan sawi.

  Ada Masalah Dalam Hubungan? Inilah 4 Zodiak Yang Paling Mungkin Meninggalkanmu

8. Sashimi dan gohu ikan

Indonesia juga punya hidangan ikan mentah, yakni gohu ikan khas Ternate. Biasanya gohu ikan terbuat dari ikan tuna atau cakalang. Sedangkan, sashimi biasanya terbuat dari salmon, gurita, dan hidangan laut lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here