BERBAGI
La Liga Kerja Sama VIZRT dan EA SPORTS Ciptakan Penonton Artificial
La Liga Kerja Sama VIZRT dan EA SPORTS Ciptakan Penonton Artificial

Pukat- Adanya Corona membuat aktivitas masyarakat menjadi berubah , tidak terkecuali dalam dunia sepak bola. Kompetisi sepak bola bisa bergulir dengan syarat protokol kesehatan ditaati secara ketat.

LaLiga, kasta tertinggi Liga Spanyol, contohnya. Tak ada satu pun penonton yang dibolehkan untuk datang ke stadion. Alhasil, tribun suporter kosong melompong.

Kekosongan tribun tersebut nyatanya sedikit merusak pesona dan suasana sepak bola di layar kaca.

Hal itu membuat pihak LaLiga membuat sebuah inovasi. Mereka bekerja sama dengan VIZRT dan EA SPORTS.

Tiga pihak tersebut berupaya untuk menciptakan suasana sepak bola mirip dengan aslinya secara virtual.

Tidak hanya gambar, juga efek suara menyerupai pendukung untuk menciptakan suasana artificial layaknya stadion yang dipenuhi oleh para pendukung di saat suporter tidak bisa hadir secara langsung.

Melansir Marca, LaLiga, VIZRT, dan EA SPORTS menggunakan teknologi Mediapro 3D yang dibantu dengan kamera-kamera canggih di tiap ujung stadion.

  Daftar Harga HP Xiomi dalam Satu Minggu Ini

“Kami memiliki sejarah menjadi yang terdepan dalam hal penyiaran,” kata Direktur Komunikasi LaLiga, Joris Evers, dalam siaran persnya.

“Kami telah menjadi pionir dari berbagai teknologi untuk membuat LaLiga terlihat hebat di layar kaca dan memberikan penggemar mereasa dekat dengan pertandingan, di mana pun mereka berada.”

“Saat ini, saya rasa LaLiga adalah satu-satunya tayangan olahraga yang di tayangkan secara global dan mampu menawarkan pengalaman menonton dengan penonton dan suara virtual.”

“Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar bagi kami karena jutaan orang di lebih dari 180 negara menyaksikan LaLiga,” kata dia.

Lebih jelas lagi, VIZRT mengelola bagian virtual atau tayangan, sementara EA SPORTS diberi jatah perihal audio.

SVP Global Sports & Virtual Advertising dari VIZRT, Jonathan Roberts menjelaskan cara kerja teknologi Mediapro tersebut.

  HP Realme Narzo Terbaru Siap jadi Smartphone No 1 di Harga Rp 2 jutaan

“Kami dapat menciptakan grafis yang menutupi tribun tersebut pada tayangan TV dan di saat kamera bergerak kami mampu mengubah perspektif dari grafis yang berada di stadion.”

“Teknologi selanjutnya yang kami sediakan adalah chroma key,” jelas Roberts.

“Anda perlu menempatkan chroma key dalam bola sehingga kami bisa melihat bola di hadapan para penonton dan kami mengatakan ‘ikuti bola tersebut dan pastikan Anda selalu menunjukkan bola berada di atas maupun saat turun.”

“Kedua hal itu merupakan bagian sangat penting yang kami berikan dalam proyek ini: kalibrasi solid serta chroma key yang efektif,” jelasnya.

Untuk suara penonton, LaLIga bekerja sama dengan EA SPORTS karena kualitas audio yang telah diproduksi oleh keduanya.

Rekaman langsung dari pertandingan LaLiga, yang awalnya dikembangkan oleh LaLiga untuk permainan EA SPORTS FIFA, saat ini ditingkatkan kualitasnya oleh EA SPORTS untuk meningkatkan kualitas siaran langsung pertandingan.

  Seorang Pria Korban Salah Tangkap Akibat Face Recognition SIM Polusi

Setiap klub LaLiga Santander mempunyai rekaman spesifik yang berisikan nyanyian lokal, tapi usaha dari manusia diperlukan untuk menciptakan pengalaman yang otentik.

Rekaman suara tambahan telah diciptakan untuk meningkatkan momen kunci dari seluruh pertandingan, seperti gol.

Selain itu, juga momen kesempatan besar atau pelanggaran, yang ditata oleh teknisi suara, memainkan suara yang sesuai dengan kejadian di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here