BERBAGI

PUKAT – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet_ mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya generasi milenial ihwal luhurya nilai-nilai Pancasila. Bamsoet menegaskan Pancasila merupakan pondasi kokoh yang menjadi pemersatu Bangsa Indonesia.

“Melalui Pancasila, Indonesia menjadi ujung tombak dalam menstabilkan dunia yang tengah diguncang residu akibat Perang Dunia ke-II yang mengakibatkan terbelahnya dunia antara Blok Uni Soviet dan Blok Amerika Serikat. Konsepsi Pancasila yang ditawarkan Indonesia disambut baik berbagai negara di Asia dan Afrika, hingga akhirnya berhasil menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika pada 18 – 24 April 1955 di Bandung,” ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis (2/7/2020).

  Megawati Soekarnoputri: Bendera Selalu Tegak! Seluruh Kader Siap Menjaganya

Bamsoet berpesan agar konsepsi Pancasila yang sudah tertanam kuat sejak awal kemerdekaan Indonesia, tidak mundur ke belakang akibat abainya generasi muda memahami dan mengimplementasikan nilai luhurnya. Menurut Bamsoet, nilai-nilai Pancasila hadir dalam kehidupan masyarakat di masa pandemi COVID-19.

“Kini di masa pandemi COVID-19, saya telah menyaksikan sendiri bagaimana laku Pancasila benar-benar hadir dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap insan umat beragama, misalnya, semakin khusuk dan taat berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, di mana setiap rumah juga menjadi rumah ibadah, sebagai dampak penutupan sementara rumah-rumah ibadah yang masih berlangsung di beberapa daerah,” kata Bamsoet.

  Ketua MPR Tegaskan Pancasila Akan Selalu Relevan

Bamsoet menambahkan, dalam kondisi saat ini masyarakat mengimplementasikan nilai-nilai kemanusiaan dengan membantu sesama. Rakyat bahu-membahu bergotong royong saling membantu,suatu perilaku kolektif yang semakin menguatkan semangat persatuan Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here