BERBAGI

Pukat – Seiring dengan maraknya work from home, pabrikan-pabrikan kamera DSLR dan mirrorless belakangan berinisiatif “menyulap” produknya sehingga bisa digunakan sebagai webcam berkualitas tinggi.

Salah satunya Fujifilm yang belakangan merilis software khusus bernama “X Webcam”.

Berbekal program ini, kamera mirrorless Fujifilm X (APS-C) maupun GFX (medium-format) bisa disulap menjadi webcam.

Kualitas gambar dari kamera mirrorless dengan sensor berukuran besar tentu lebih baik dari kamera webcam konvensional.

  OPPO Reno4 dan Reno4 Pro Indonesia akan di Jual Mulai 5 Juni

X Webcam bisa diunduh di situs Fujifilm lewat tautan berikut. Di laman yang sama, juga tersedia panduan cara menggunakan kamera mirrorless Fujifilm sebagai webcam.

“Pengguna bisa memasang software ke PC manapun, lalu menghubungkan kamera dengan kabel USB,” sebut Fujifilm di situsnya.

Saat ini, X Webcam baru bisa digunakan dengan kamera Fujifilm GFX 100, GFX 50S, GFX 50R, X-H1, X-Pro2, X-Pro3, X-T2, X-T3, dan X-T4.

  Spesifikasi PC Bisnis Dell Latitude Dan Dell Precision Series Terbaru

X Webcam juga baru tersedia untuk Windows, belum ada dukungan untuk sistem operasi MacOS.

Sebagaimana dihimpun dari SlashGear, Jumat (29/5/2020), masih terbuka kemungkinan bakal ada tambahan model kamera yang bisa digunakan, berikut dukungan MacOS.

Selain Fujifilm, Canon beberapa waktu lalu juga merilis software serupa untuk kamera-kamera DSLR dan mirrorless besutannya.

Software bernama EOS Webcam Utility itu awalnya juga hanya mendukung sistem operasi Windows. Namun, pekan ini Canon sudah merilis EOS Webcam Utility untuk Mac OS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here