BERBAGI

Pukat – Apple Inc akhirnya memperkenalkan sistem operasi iOS 14 pada event Worldwide Developer Conference (WWDC) pada hari ini (23/6/2020). Tapi tahu kan kamu jika 7 fitur yang ada di iOS 14 sudah tersedia di Android.
Apple menyebut iOS 14 sebagai update terbesar yang pernah dilakukan perusahaan pada tampilan Home Screen dengan redesign cantik widgets dan App Library, cara baru tap App Store dengan App Clips dan masih banyak lagi yang lainnya.

“iOS 14 mengubah elemen paling ikonik dari pengalaman iPhone, dimulai dengan pembaruan terbesar yang pernah kami buat di Home Screen,” kata Craig Federighi, wakil presiden senior Apple untuk Rekayasa Perangkat Lunak, seperti dilansir dari rilis perusahaan, Selasa (23/6/2020).

“Dengan widget yang didesain ulang dengan indah di Home Screen, App Library yang secara otomatis mengatur semua aplikasi Anda, dan App Clips yang cepat dan mudah ditemukan, iPhone menjadi lebih kuat dan lebih mudah digunakan.”

  Apple Siap Tutup Layanan iBooks Author dan iTunes

Berikut 7 fitur iOS 14 di iPhone yang bisa dinikmati oleh pengguna ponsel Android:

Translate

Apple memperkenalkan aplikasi Translate di iOS 14 yang didesain untuk digunakan dalam percakapan langsung. Aplikasi ini bisa menerjemahkan 11 bahasa termasuk Inggris, Mandarin, Perancis dan Jerman. Pada Maret 2020, Google menambahkan fitur baru pada aplikasi translate yang bisa menerjemahkan delapan bahasa secara langsung.

Widgets

Apple mendesain ulang widget iPhone yang memungkinkan pengguna melihat informasi seperti cuaca di Home Screen. Sebelumnya pengguna iPhone hanya bisa melihat aplikasi di Home Screen iPhone. Namun widgets merupakan fitur andalan Google Android sejak 2008.

  Oppo Perkenalkan Teknologi Pengisian Cepat, dalam 20 Menit Bisa Penuh

App Clips

Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi tanpa harus mengunduh file besar. Google memperkenalkan fitur serupa, Instant App, pada 2016. Aplikasi ini memberikan URL sendiri agar pengguna tidak perlu mengunduh seluruh aplikasi untuk satu transaksi.

App Library

Apple Library merupakan fitur baru untuk mengorganisir aplikasi ke dalam file berbeda secara otomatis dan pengguna bisa mengakses tanpa harus banyak menampilkan di home screen. Ini mirip dengan laci aplikasi Android, tanpa fitur pengelompokan.

Apple Maps penunjuk arah sepeda

Aplikasi Apple Maps memberikan update yang membantu pengguna sepeda menemukan jalur sepeda. Google Maps juga memberikan opsi ini sejak 2020 dengan memiliki ‘bersepeda’.

Picture-in-picture

Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menonton video ketika menggunakan aplikasi lain. Ponsel Android sudah memiliki kemampuan ini sejak lama.

  Logo Amplop Gmail Berubah, Warnanya Menyerupai Brand Google

Wind Down mode

Wind Down mode membantu pengguna bersiap-siap tidur tanpa gangguan ponsel. Fitur ini, yang berfungsi untuk iPhone dan Apple Watch memungkinkan pengguna mengatur waktu tidur dan bangun, dan menjadikan ponsel dalam mode Do Not Distrurb. Fitur ini bisa didapatkan di aplikasi Google Home.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here