BERBAGI
Indonesia Masuk Grup Pemulihan Ekonomi Tercepat Kedua Setelah China
Indonesia Masuk Grup Pemulihan Ekonomi Tercepat Kedua Setelah China

Pukat- Morgan Stanley memasukkan Indonesia ke dalam kategori grup negara Asia di luar Jepang (AxJ) yang berpotensi mengalami pemulihan ekonomi tercepat kedua. Selain Indonesia, ada juga negara Filipina, Korea, Taiwan, dan India.

” Negara-negara tersebut bisa kembali berdaya perekonomiannya seperti sebelum Covid-19 pada kuartal IV-2020 dan pada kuartal I-2021,” ujar Morgan Stanley dalam riset yang berjudul “Asia Economic Mid-Year Outlook”, seperti dilansir Kontan.co.id, Senin (22/6).

  IHSG Dibuka Menguat Hari Ini

Sementara itu, negara yang menduduki peringkat pertama pemulihan ekonomi tercepat adalah China. “Negara Tirai Bambu” memang merupakan negara yang pertama yang terkena Covid-19, tetapi juga akan menjadi negara pertama yang bisa keluar dari belenggu Covid-19. Perekonomian China diprediksi bisa kembali ke sebelum Covid-19 pada kuartal III-2020.

Sementara negara-negara yang ada di grup peringkat ketiga adalah Thailand, Malaysia, Singapura, serta Hongkong. Negara-negara ini diprediksi akan kembali ke perekonomiannya sebelum Covid-19 pada kuartal II-2021.

  Pentingnya Kelola Keuangan hingga Pemasaran bagi UMKM

Morgan Stanley membeberkan tiga hal yang bisa memengaruhi kecepatan pemulihan perekonomian negara-negara. Pertama, seberapa besar dampak dinamika pertumbuhan ekonomi global terhadap struktur pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Kedua, efektivitas respons yang dikeluarkan oleh lembaga untuk menahan efek negatif Covid-19 yang lebih dalam. “Termasuk di dalamnya, bagaimana efektivitas respons negara dalam menjaga permintaan domestik,” tambah Morgan Stanley.

Terakhir, pelonggaran atau ketersediaan ruang bagi kebijakan yang sewaktu-waktu akan dibutuhkan dalam menghadapi tantangan Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here