BERBAGI

Pukat – Para petugas medis tidak perlu khwatir mengenai kekurangan alat pelindung diri (APD). Sebab produksi APD di dalam negeri jumlahnya sudah lebih dari cukup.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, APD yang ada saat ini sudah kelebihan kapasitas. Sudah sangat lebih dari cukup untuk kebutuhan para petugas medis di tanah air.

“Alhamdulillah sekarang ini jumlah APD sudah semakin cukup bahkan sudah overcapacity,” ujar Doni dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Rabu (17/6).

  Donald Trump Sudah Kembali Ke Gedung Putih, Sembuh dari Covid-19?

Doni juga menjelaskan, APD di dalam negeri sudah mencukupi karen banyak industri tekstil dan rumahan membantu petugas medis membuat APD. Sehingga hasilnya ini bisa digunakan para petugas medis.

“Karena banyak industri tekstil yang akhirnya melakukan perubahan produksi dengan membuat APD,”katanya.

Doni menambahkan sejumlah perusahaan yang memproduksi APD juga sudah mendapatkan sertifikat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sehingga APD yang diproduksi dalam negeri ini sudah berstandar internasional.

  Langkah BNPB Antisipasi Penularan COVID-19 Saat Libur Panjang

“Kita bersyukur sudah ada izin yang dikeluarkan WHO kepada beberapa perusahaan ditanah air. Bahkan sudah dapat sertifikat ISO 16604 yang berstandar internasional,” katanya.

Doni mengatakan, Kementerian Riset dan Teknologi /Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristekbrin) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga telah membantu petugas medis untuk penanganan Covid-19 di dalam negeri.

“Dari periset yang berhasil membangun ventilator, kemudian merancang alat kesehatan yang dapat digunakan untuk pengobatan masyarakat yang sakit,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here