BERBAGI
Corona di Indonesia Melonjak, Anggota DPR RI Minta Pemerintah Buat Protokol Kesehatan Baru
Corona di Indonesia Melonjak, Anggota DPR RI Minta Pemerintah Buat Protokol Kesehatan Baru

Pukat- Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati turut berkomentar dan merasa prihatin dengan lonjakan kasus baru Covid-19 sebanyak 2.657 kasus hingga Kamis (9/7).

Menurut Mufida, semakin meluasnya temuan kasus baru Covid-19 dalam sehari, mengarah pada dugaan WHO bahwa penularan virus corona bisa melalui udara.

Oleh karenanya, ia meminta pemerintah kembali mempertimbangkan opsi pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan membuat protokol pencegahan baru, lantaran masyarakat belum disiplin menjalankan tatanan normal baru.

“Perlu protokol pencegahan baru, karena WHO menyebut Covid-19 sudah bisa menular lewat udara. Protokol yang lama tentu harus berubah. Pemerintah perlu mengencangkan kembali aturan, sebab kebijakan pemerintah untuk pencegahan penularan ini semakin tidak jelas,” kata Mufida dalam keterangan tertulis, Jumat (10/7).

  Dokter Meninggal dalam Status PDP Bertambah

Mufida meminta pemerintah menyiagakan fasilitas kesehatan untuk menampung warga yang terindentifikasi positif Covid-19.

Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan kinerja laboratorium dalam percepatan hasil tes Swab.

“Setelah kampanye new normal dengan hasil lonjakan kasus rata-rata naik lebih dari 1.000 per hari, semakin banyak ditemukan kasus Orang Tanpa Gejala, sehingga protokol kesehatan baru harus segera dibuat, disosialisasikan dan disiplin diterapkan dengan pengawasan ketat,” ujar dia.

Lebih lanjut, Mufida meminta masyarakat tidak euforia dengan pemberlakuan tatanan normal baru atau new normal, karena pandemi Covid-19 belum berhasil dikendalikan.

  5 Jenis Makanan Inilah yang Harus Dikonsumsi Oleh Wanita

“Terapkan pola hidup bersih, selalu cuci tangan, memakai masker jika keluar rumah, hindari kerumunan, tidak keluar rumah jika tidak sangat perlu,” lanjut dia.

Untuk diketahui, Indonesia kembali mencatatkan penambahan kasus harian tertinggi Covid-19 dalam sehari berdasarkan data yang diumumkan pada Kamis (9/7).

Dalam 24 jam terakhir, tercatat ada penambahan 2.657 pasien positif Covid-19.

Angka tersebut merupakan jumlah kasus baru tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan Presiden Joko Widodo pada (2/3/2020).

Dengan penambahan tersebut, Juru Bicar Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengungkapkan, total ada 70.736 kasus Covid-19 di Tanah Air.

  Dampak Pandemi, Pelindo II Tunda Ekspansi Ke Pelabuhan Asing

“Kita dapatkan konfirmasi kasus baru positif sebanyak 2.657 orang sehingga menjadi 70.736 orang,” kata Yuri dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Kamis sore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here