BERBAGI

Pukat – Areal suci beji dan bendungan irigasi tertimbun tanah penataan pinggir Sungai Wos, di Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang. Penataan lahan di pinggir sungai itu sudah berjalan sekitar dua minggu. Namun, dalam beberapa hari belakangan justru tidak ada lagi aktivitas, diduga para pekerja sedang mudik.

Plt Camat Tegallalang I Komang Alit Adanyana saat dikonfirmasi, membenarkan ada proyek penataan lahan tersebut. Dia yang sering melintas di jalur itu, mengaku melihat aktvitas proyek yang merusak lingkungan. Ia sempat mempertanyakan keberadaan proyek tersebut ke Perbekel Keliki.

  Camat di Cilacap Pamer Dapat Pesawat untuk Operasional? Ini Faktanya

“Dari koordinasi kami ke aparat desa, proyek itu dipastikan tanpa izin. Kami pun sudah sempat ke lokasi saat masih ada aktivias. Namun pihak buruh proyek tidak mengetahui pemilik lahan dan peruntukannya. Beberapa hari belakangan memang sepi, tidak ada aktivitas,” jelasnya, Rabu (27/5).

Alit Adnyana mengaku sudah berkoordinasi dengan Kepala Badan Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) serta Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Gianyar. “Kami pastikan proyek itu tidak ada izinnya. Kami sudah informasikan ke Perijinan dan Pol PP untuk tindakan selanjutnya,” jelasnya.

  Lemasa Mediasi Tanah Adat yang Disengketakan Sejumlah Pihak

Sedangkan Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Gianyar, I Made Watha mengakui sudah menerima laporan terkait keluhan warga atas keberadaan proyek tersebut. Dari koordinasi dengan aparat terkait, ia membenarkan bahwa proyek itu belum mengantongi izin. “Kami sudah turunkan personil ke lokasi sembari berkoordinsi dengan Perbekel setempat. Ini juga menyangkut sepadan sungai yang menjadi kewenangan provinsi, sehingga akan kami koordinasikan pula,” terangnya.

Sementara Perbekel Desa Keliki, I Ketut Wita, saat dihubungi terkait proyek yang ada di dekat jembatan perbatasan Desa Keliki dengan Desa Tegallalang tersebut, tidak ada jawaban. Dihubungi via HP, panggilan tengah dialihkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here