BERBAGI
Bansos Tahap 1 di Tangerang Ditargetkan Rampung Pertengahan Juli
Bansos Tahap 1 di Tangerang Ditargetkan Rampung Pertengahan Juli

Pukat- Pemerintah Provensi (Pemprov) Banten menargetkan penyaluran Bantuan sosial (Bansos) dari Pemprov Banten bagi warga terdampak Covid-19 di Tangerang akan rampung pada pertengahan Juli mendatang. Penyerahan bansos tahap pertama ini kemudian akan diikuti tahap kedua dan ketiga pada bulan berikutnya.

Pelaksana Tugas Sekdis Sosial Provinsi Banten Budi Darma mengatakan, saat ini proses penyaluran bansos sudah mencapai 80 persen. Pihaknya menargetkan bantuan akan disalurkan sebelum Juli berakhir. Proses sebelum penyaluran bansos ini mencakup validasi persetujuan data penerima bansos dan juga verifikasi ulang agar penerima bansos tidak dobel.

  Indonesia Ingin Naik Level Menjadi Negara Berpendapatan Tinggi, Jokowi: Kita Punya Peluang Besar

“Tinggal 20 persen lagi. Kami targetkan untuk tahap satu ini selesai pada pertengahan Juli,” kata Budi, Senin (29/6).

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Provinsi Banten, jumlah penerima bansos di wilayah Kota Tangerang mencapai 86 ribu warga. Sementara penerima bansos di Kabupaten Tangerang sebanyak 149 ribu warga. Sementara itu, jumlah penerima yang sudah disetujui bank untuk proses transfer uang di Kabupaten Tangerang sebanyak 96 ribu rekening dan 30 ribu untuk Kota Tangerang.

“Itu semua penerima yang sudah disetujui syarat-syarat administrasinya oleh perbankan untuk proses pembukaan rekening kolektif. Untuk Kota dan Kabupaten Tangerang akan disalurkan lewat Bank Jabar Banten (BJB),” tutur Budi.

  Komisi VII DPR Minta Pemerintah Tidak Larang WNI di Saudi Ibadah Haji

Jika tahapan validasi dokumen dan persetujuan pembukaan rekening selesai, bantuan sosial tahap pertama akan ditransfer ke rekening masing-masing penerima secara bertahap. Setelah itu, bansos tahap kedua dan ketiga juga akan disalurkan melalui cara yang sama. Bantuan dari Pemprov Banten berupa uang tunai Rp600 ribu untuk warga yang terdampak Covid-19 dan tinggal di daerah PSBB. Sementara untuk warga terdampak Covid-19, tapi tinggal di luar daerah PSBB mendapatkan bantuan Rp500 ribu.

  Luhut Minta Kemenkes Sosialisasikan Protokol Perawatan Pasien Covid-19 Ke RS Rujukan

“Jadi total keseluruhan se-Provinsi Banten, penerima Bansos ini ada sebanyak 400 ribuan warga. Jadi masih kami proses,” tutur Budi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here