BERBAGI

Pukat – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengemukakan ada empat isu utama yang menjadi perhatian pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan memulihkan kembali perekonomian nasional. Keempat isu tersebut adalah pengaruh Covid-19 ke sektor industri, kebijakan selama PSBB, insentif untuk investor, dan program industri dalam menangani Covid-19.

“Yang menjadi key issue adalah pengaruh Covid-19 ke sektor industri, kebijakan selama PSBB, insentif untuk investor, dan program terkait industri dalam menangani Covid-19,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (12/6/2020).

  Spesifikasi PC Bisnis Dell Latitude Dan Dell Precision Series Terbaru

Pemerintah saat ini, lanjut dia, telah memberikan berbagai insentif bagi sektor industri, terutama mereka yang terdampak pandemi Covid-19 agar bergairah kembali. Stimulus itu, antara lain relaksasi untuk pajak impor, pajak penghasilan, restitusi pajak pertambahan nilai, serta tunjangan pajak penghasilan untuk perusahaan individu.

“Selain itu, akan ada stimulus tambahan yang sedang dibahas pemerintah di antaranya penyesuaian harga energi untuk listrik dan gas, restrukturisasi kredit atau pinjaman, dan ketentuan pinjaman modal kerja,” kata Menperin.

  Anggaran Penanganan Covid-19 Sebesar 695,2 Triliun, Ma’ruf: tidak Menjamin Pulihkan Ekonomi

Dia meyakini Indonesia masih menjadi negara tujuan utama para investor yang ingin berekspansi atau membangun pabrik baru. Apalagi, Indonesia dinilai mampu menjadi pusat manufaktur di kawasan ASEAN.

“Karena sebagian perusahaan skala besar telah menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mereka untuk pasar global,” ujarnya.

Daya tarik Indonesia lainnya adalah memiliki pasar yang sangat besar dan akan menikmati masa bonus demografi hingga 2030. “Posisi strategis Indonesia sebagai pemimpin ekonomi teratas ASEAN juga telah menjadi landasan tujuan investasi yang sukses,” kata Menperin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here