BERBAGI

Pukat – Menjelang masa berakhirnya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada 30 Mei 2020 mendatang, Malang raya akan memasuki masa transisi menuju the new normal.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bila pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan, salah satunya dengan menyiapkan payung hukumnya.

“Apa yang harus dilakukan, pertama payung hukum. Tidak mungkin kita memakai payung hukum PSBB. Besok akan digodog tiga kepala daerah, apa yang boleh dan apa yang tidak,” ujar Sutiaji ditemui pada Kamis (28/5/2020).

Menurutnya, peraturan masa transisi dari PSBB ini secara garis besar hampir sama dengan apa yang diterapkan pada masa PSBB. Namun ada pelonggaran setidaknya 30 persen dibandingkan masa PSBB.

  Penegakan Hukum Pelanggar PSBB Masih Rendah

“Tadi saya sodorkan sekitar 50-70 persen apa yang dilakukan saat PSBB akan dipertahankan, yang 30 persen akan kita longgarkan,” terangnya.

Namun, ia menegaskan bila masa ‘berperang’ dengan corona tak akan sepenuhnya berakhir setelah selesainya PSBB pada 30 Mei 2020 nantinya. “Bahwa pasca PSBB bukan berarti urusan COVID-19 selesai, tapi bagaimana ini masa transisi menuju ke new normal, mulai sekarang kita sosialisasikan,” beber pria kelahiran Lamongan ini.

Pihaknya perlu berhati–hati dalam memutuskan kebijakan di masa transisi, mengingat ada standar enam poin sesuai kaidah World Healt Organization (WHO).

“Jadi kita tidak bisa langsung ke new normal life. Sesuai dengan kaidah WHO, ada enam tadi, itu bisa masuk ke masa transisi. Dari enam poin itu harus kita pertahankan benar-benar, semuanya sudah,” tuturnya.

  Strategi Bisnis Yang Harus di Jalankan saat PSBB Lagi Untuk Pelaku Usaha

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Batu Muhammad Chori menjelaskan bila pembahasan secara teknis mengenai pelaksanaan masa transisi menuju new normal setelah PSBB akan diputuskan kembali oleh tiga kepala daerah melalui peraturan yang diterapkan serempak.

“Besok kita ketemu Malang raya untuk bahas peraturan kepala daerah tentang transisi menuju new normal, terutama sektor–sektor mana yang perlu dilonggarkan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merestui PSBB Malang raya ini untuk diakhiri pada 30 Mei 2020, setelah dilakukan selama 14 hari sejak tanggal 17 Mei 2020. Masa transisi menuju new normal ini rencananya akan berlangsung sejak awal Juni dan berlangsung selama tujuh hari, sebelum masuk masa new normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here